Minggu, 06 Desember 2009

Proposal Sang Juara 09

Berikut proposal media inovasi tingkat nasional. Ayo teman-teman yang mau gabung disini
Nee punya Pak Taufik dari Depok yang tahun 2009 kemarin juara 1

Keren lho
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan di Ujian Sekolah pada setiap akhir tahun pelajaran yang juga ikut menentukan predikat kelulusan setiap siswa SMP, karena dari pelajaran IPS tersebut diharapkan siswa mampu meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah sosial disekitarnya serta mampu menerapkan ilmu yang mereka dapat dalam kehidupan mereka sehari-hari sehingga penguasaan terhadap materi pelajaran IPS perlu mendapat perhatian khusus.
Permasalahannya, terkait dengan pembelajaran IPS yang selama ini berjalan terlalu monoton dan cenderung membosankan bagi siswa. Kegiatan sehari-hari siswa didominasi oleh kegiatan menulis, mencatat, mendengarkan guru menerangkan. Semua itu adalah aktivitas yang dilakukan oleh otak kiri (OKI) saja (Sutanto Windura, 2008: 7)
Lebih lanjut dijelaskan bahwa perlakuan yang ”salah” terhadap otak akan menyebabkan gangguan-gangguan dalam belajar atau bekerja. Pada siswa akan timbul masalah yang bermacam-macam, namun sudah kita kenali polanya selama ini, antara lain, tidak bisa konsentrasi, tidak paham apa yang dipelajari, mudah lupa apa yang sudah diingat sebelumnya, otak merasa “penuh” sehingga tidak bisa belajar lebih banyak lagi.
Selain itu, hal yang menjadi hambatan selama ini adalah pembelajaran IPS oleh guru seringkali dikemas dengan cara yang konvensional atau tradisional yang selalu melaksanakan rutinitas yang cenderung mengendapkan kreativitas serta seperti menutup mata terhadap perkembangan IPTEK yang sebenarnya memberi kemudahan dalam konteks penyampaian materi pelajaran, namun semua itu seperti terabaikan begitu saja. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah menurut sebagian peserta didik bahwa guru-lah salah satu faktor penyebab sulitnya mereka belajar, atau guru-lah yang menyulitkan. Ketidakseimbangan aspek how to learn dan what to learn menyebabkan belajar bukanlah aktivitas yang menyenangkan bagi siswa. Hasilnya siswa tidak dapat menunjukkan kemampuan terbaik otaknya dalam prestasi akademiknya. Dan kalau hal ini terus berlanjut maka tujuan pengajaran IPS yang telah disampaikan di atas tidak dapat tercapai.
Atas dasar semua itu, perlu adanya upaya-upaya agar segala hambatan yang selama ini berlaku dapat segera diatasi. Upaya-upaya yang mampu mengkondisikan guru dan siswa mampu keluar dari ‘zona nyaman’-nya selama ini. Salah satu cara agar pembelajaran IPS dapat berlangsung dalam suasana aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) adalah penggunaan Mind Map (peta pikiran) oleh guru dalam penyampaian pelajaran IPS yang didukung penggunaan teknik Course Review Bingo sebagai alat evaluasinya. Strategi ini disinyalir akan lebih mampu memberdayakan potensi otak para siswa atau dengan kata lain mengoptimalkan kapasitas otak para siswa melalui keseimbangan otak kiri (OKI) dan otak kanan (OKA). Sehingga pembelajaran diharapkan dapat berlangsung dalam suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tindakan kelas untuk membuktikan bahwa melalui Mind Map (peta pikiran) dan course Review Bingo oleh guru dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya kelas IX di SMPN 14 Depok.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan situasi di atas, kondisi yang ada saat ini adalah
a. Guru belum kreatif dan cenderung mempertahankan suasana pembelajaran yang membuat siswa jenuh dan bosan.
b. Guru kurang mengikuti perkembangan teknologi.
c. Siswa cenderung tidak termotivasi dan mudah lupa terhadap pelajaran.
d. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

C. Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan sebagai berikut :
a. Bagaimana menerapkan Mind Map dan Course Review Bingo agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IX di SMPN 14 Depok?
b. Apakah penerapan Mind Map dan Course Review Bingo dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IX di SMPN 14 Depok?



D. Cara Memecahkan Masalah PTK
Cara pemecahan masalah yang akan digunakan dalam PTK ini, yaitu penerapan Mind Map dan Course Review Bingo. Dengan penerapan ini, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS akan meningkat.

E. Hipotesis Tindakan
Penelitian ini direncanakan terbagi ke dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan mengikuti prosedur perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Melalui kedua siklus tersebut dapat diamati peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut :
Dengan diterapkan Mind Map dan Course Review Bingo dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.

F. Tujuan PTK
a. Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
b. Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IX SMPN 14 Depok.

G. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diperoleh dari PTK, antara lain:
a. Siswa termotivasi dan tidak bosan untuk belajar IPS.
b. Guru menemukan cara mengajar yang efektif dan menyenangkan.